Cara Menolak Pendapat
Ketika
pendapat orang lain tidak sesuai dengan permasalahan yang didiskusikan, kita
harus dapat menolak pendapat orang lain.
Caranya:
1. Mengemukakan pendapat dengan bahasa yang baik dan dilandasi dengan argumen yang masuk akal.
2. Dalam diskusi, hal yang ditolak adalah pendapatnya, bukan orang yang mengemukakan pendapat.
3. Menghilangkan rasa sentimen atau rasa kurang senang terhadap orang yang mengemukakan pendapat.
4. Tidak mencemooh, menghina, atau menyinggung perasaan.
5. Menunjukkan bagian yang terdapat kelemahan, kesalahan, dan juga bagian yang baik sehingga peserta diskusi puas.
6.mengemukakan penolakan pendapat melalui moderator atau pemandu diskusi.
Caranya:
1. Mengemukakan pendapat dengan bahasa yang baik dan dilandasi dengan argumen yang masuk akal.
2. Dalam diskusi, hal yang ditolak adalah pendapatnya, bukan orang yang mengemukakan pendapat.
3. Menghilangkan rasa sentimen atau rasa kurang senang terhadap orang yang mengemukakan pendapat.
4. Tidak mencemooh, menghina, atau menyinggung perasaan.
5. Menunjukkan bagian yang terdapat kelemahan, kesalahan, dan juga bagian yang baik sehingga peserta diskusi puas.
6.mengemukakan penolakan pendapat melalui moderator atau pemandu diskusi.
Cara
Mendukung Gagasan
Ada 4 cara
yang dapat dilakukan seorang penulis untuk mendukung gagasan yang diusungnya
pada tulisannya, yaitu (1) menampilkan contoh; (2) memberi ilustrasi; (3)
memasukkan kutipan; dan (4) memaparkan data.
Adapun
petunjuk-petunjuk cara meyakinkan orang adalah sebagai berikut:
1.
Mendengarkan dengan baik, aktif untuk berusaha memahami dan hal ini
mudah diucapkan tapi sulit untuk dilakukan karena kebanyakan orang tidak mampu
mendengarkan dengan baik. Cara terbaik adalah beberapa saat diam, menunggu
giliran untuk berbicara, sambil berpikir apa yang akan dikatakan.
2.
Tunjukkan kepada lawan bicara anda bahwa anda mendengarkan dia dan Dua
monolog tidak akan membentuk dialog. Terkadang ucapkan kembali beberapa hal
yang dikatakan pihak lain.
3. Mendengarkan dengan baik seharusnya berjalan seiring dengan pengamatan
yang seksama dan pandanglah lawan bicara anda pada waktu dia berbicara sengga
pandang juga isyarat non-verbal.
4.
Jangan berbicara terlalu banyak sebab semakin banyak yang disampaikan
lawan bicara anda maka semakin banyak pula informasi yang anda dapatkan. Bila
anda berbicara, jangan terlalu panjang, ingatlah bahwa akhir pembicaraan
diingat lebih baik dari pada awal pembicaraan, dan awal pembicaraan lebih mudah
diingat dari pada bagian tengah.
5. setiap aturan mempunyai pengecualian,dan terkadang anda dapat
menggelincirkan lawan dengan menggunakan kata-kata yang membuat mereka bingung.
6. Jangan memutus pembicaraan sebab pemutusan pembicaraan itu
menjengkelkan, dan lebih penting lagi tidak efektif sebab yang dikatakan hampir
tidak didengarkan.
7. Jangan terburu-terburu dalam mengutarakan pandangan anda dan tunggulah
sampai lawan anda selesai menyampaikan pendapatnya.
8.
berupayalah untuk mengapa lawan berunding anda mengatakan apa yang dia
katakan, baik anda setuju apa tidak dan anda perlu sadar bahwa dia kemungkinan
berada pada sisi lain argumentasi yang sedang berjalan.
9.
Bertanyalah kepada diri sendiri apa yang menjadi kebutuhan pihak lain,
dan sejauh mana anda dapat memenuhi kebutuhan tersebut tanpa merugikan
kepentingan anda sendiri.
10. Cara yang baik untuk menciptakan suasana yang mendukung tercapainya
konsensus ialah dengan menekankan persamaan antara kepentingan pihak lain dan
pihak anda dan tidak begitu menonjolkan perbedaan-perbedaan yang ada.
11. Sampaikan apa yang ingin anda katakan sedemikin rupa sehingga
mengundang tanggapan yang positif.
12. Bila anda harus memberikan berita yang tidak baik kepada lawan runding
maka sebaiknya anda menyampaikan penjelasan dan alasannya terlebih dahulu, baru
penutup berita negatif tersebut.
13. Tidak perlu menyampaikan informasi secara lengkap dan tuntas dan
batasilah diri pada argumentasi dan butir-butir terpenting saja.
14. Berikan waktu yang cukup kepada lawan bicara anda untuk memahami
gagasan dan usulan anda.
15. Pertanyaan mempunyai arti yang penting dalam pembicaraan dan anda perlu
banyak bertanya dan mendengarkan jawaban yang diberikan.
16. Janganlah menjawab pertanyaan bila anda tidak memahami pertanyaan
tersebut sehingga jangan sampai berlaku lebih tahu dari pada sebenarnya dan
memberikan jawaban yang salah untuk pertanyaan yang tidak dimengerti akan merugikan.
17. Cara yang baik untuk memperbesar kemungkinan pihak lain menerima usulan
anda adalah dengan menyampaikan usulan anda dengan menyampaikan usulan itu
sebagai erubahan usulan pihak lain.
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapuskeren bgtt blog nya ka:)))) makasii kebantu bgt ama isi blognya
BalasHapus