RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama
Sekolah : SMA Xaverius 4 Palembang
Mata Pelajaran
: Kimia
Kelas/Semester : X / Gasal
Materi
Pokok : Hakikat
ilmu kimia, metode ilmiah dan keselamatan kerja
Alokasi Waktu
: 6 x 40 menit
Kompetensi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.1
Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten,sikap
disiplin, rasa percayadiri, dan sikap toleransi dalam
perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika.
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu,
jujur dan perilaku peduli lingkungan
3.1 Memahami
hakikat ilmu kimia, metode ilmiah dan keselamatan kerja di
laboratorium serta peran kimia
dalam kehidupan
Indikator:
1.
Menuliskan pengertian ilmu kimia
2
Menyebutkan contoh beberapa proses kimia dalam kehidupan sehari-hari
3
Menjelaskan manfaat ilmu kimia
4.1 Menyajikan hasil
pengamatan tentang hakikat ilmu kimia, metode ilmiah dan
keselamatan kerja dalam mempelajari
kimia serta peran kimia dalam kehidupan.
Indikator:
1.
Menuliskan hubungan ilmu kimia dengan ilmu lainnya
2.
Menunjukkan cara penggunaan beberapa alat laboratorium
A. Tujuan Pembelajaran:
1. Setelah tanya jawab
dan mendengar penjelasan guru serta melihat alat dan
bahan
di laboratorium kimia siswa dapat menuliskan pengertian ilmu kimia!
2. Setelah tanya jawab dan mendengar penjelasan guru serta melihat alat dan
bahan di laboratorium kimia siswa dapat menyebutkan contoh beberapa proses
kimia dalam kehidupan sehari-hari!
3. Setelah tanya jawab
dan mendengar penjelasan guru serta melihat alat dan
bahan
di laboratorium kimia siswa dapat menjelaskan manfaat ilmu kimia
4.
Setelah tanya jawab dan mendengar penjelasan guru serta melihat alat dan
bahan di laboratorium kimia siswa dapat menuliskan hubungan ilmu kimia
dengan ilmu lainnya!
5.
Setelah tanya jawab dan mendengar penjelasan guru serta melihat alat dan
bahan di laboratorium kimia siswa dapat Menunjukkan cara penggunaan
beberapa alat laboratorium!
B.
Materi Pembelajaran:
1.
Hakikat ilmu kimia
Ilmu kimia adalah ilmu
yang memepelajari tentang susunan, struktur, sifat dan perubahan materi, serta
energi yang menyertai perubahan tersebut.
Beberapa contoh proses
kimia dalam kehidupan sehari-hari:
1. Besi berkarat
2. Kayu terbakar menjadi arang
3. Penyepuhan emas, dan lain-lain.
Susunan materi
= mencakup
komponen-komponen pembentuk materi dan perbandingan tiap komponen tersebut.
Struktur materi
= mencakup struktur
partikel-partikel penyusun suatu materi atau menggambarkan bagaimana atom-atom
penyusun materi tersebut saling berikatan.
Sifat materi
=
mencakup sifat fisis (wujud dan penampilan) dan sifat kimia. Sifat suatu materi
dipengaruhi oleh :susunan dan struktur dari
materi tersebut.
Manfaat ilmu Kimia:
1. Dengan mempelajari
ilmu kimia kita akan lebih paham tentang alam sekitar dan proses yang
berlangsung di dalamnya sehingga kita dapat mengontrol perubahan demi
keuntungan bagi kehidupan manusia dan lingkungan.
2. Mengubah bahan alam
menjadi produk yang lebih berguna untuk memenuhi kebutuhan kita.
Hubungan ilmu kimia dengan ilmu lainnya :
- Pertanian : penemuan pupuk, pestisida,
dan bahan pengawet.
-
Farmasi : kemajuan kimia
organik sehingga dapat mensistesis obat baru.
- Kedokteran
: kemajuan kimia analisis
-
Hukum : dengan ilmu kimia
pemalsuan produk, dan kejahatan dapat dibuktikan
2.
Metode ilmiah
Perencanaan
1. Merumuskan masalah
2. Menentukan hipotesis
3. Menerapkan variabel penelitian.
4. Menerapkan prosedur kerja dan
cara mengumpulkan data.
5. Menetapkan
alat- alat yang diperlukan.
Pelaksanaan Kegiatan Laboratorium
:
1. Memahami pendoman kegiatan
di laboratorium
2. Menyiapkan bahan dan alat
3. Mengumpulkan data
4. Mengolah data
5. Menganalisis dan membuat
kesimpulan
6. Mengkomunikasikan hasil
penelitian secara lisan dan tulisan.
3.
Keselamatan Kerja
Perlengkapan sebagai
pengaman agar kita terlindung dari bahan-bahan kimia yang bisa menimbulkan efek
yang kurang baik untuk kesehatan (iritasi kulit atau keracunan).
Kacamata
: untuk melindungi mata
Jas
lab
: untuk melindungi baju dan kulit
Sarung tangan : untuk
melindungi tangan.
Cara mengatasi tumpahan
zat kimia: Cari kain lab dan bersihkan tumpahan, kemudian bersihkan lagi dengan
lap yang telah dibasahai air.
Cara menangani alat yang
pecah :Buang pecahan gelas kimia pada tempat sampah dan bersihkan
serpihan-serpihan kaca yang tercecer.
Cara menangani kebakaran
:Jauhkan alat-alat dan bahan-bahan kimia yang mungkin mudah terbakar dari benda
yang sedang terbakar, lalu ambil alat pemadam kebakaran dan padamkan api.
C. Metode Dan Media Pembelajaran
1. Diskusi Informasi
2. Tanya jawab
3. Pemberian tugas
Media :
Alat
dan bahan yang ada di laboratorium kimia.
Slide
tentang alat dan bahan kimia
Slide
tentang metode ilmiah
Slide tentang keselamatan
kerja
D. Langkah – langkah kegiatan
v Kegiatan Pendahuluan
- Guru membawa dan menunjukkan produk-produk
kimia dalam kehidupan sehari-hari.
- Guru menayangkan video prosedur keselamatan
kerja dalam pabrik.
v Kegiatan Inti
Mengamati (Observing)
· Mengamati produk-produk kimia dalam kehidupan, misalnya
sabun, detergen, pasta gigi, shampo, kosmetik, obat, susu, keju, mentega,
minyak goreng, garam dapur, asam cuka dan lain lain.
· Membaca artikel tentang peran kimia dalam perkembangan
ilmu lain (farmasi, geologi, pertanian, kesehatan) dan peran kimia dalam
menyelesaikan masalah global.
· Membaca artikel tentang hakikat ilmu kimia, metode ilmiah
dan keselamatan kerja di laboratorium.
Menanya (Questioning)
· Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan hasil pengamatan,
misalnya:
- Apa yang dipelajari dalam kimia?
- Apa manfaatnya belajar kimia dan kaitannya dengan karir
masa depan?
Mengumpulkan Data (Experimenting)
· Mengkaji literatur tentang peran kimia dalam kehidupan,
perkembangan IPTEK, dan dalam menyelesaikan masalah global.
· Mengunjungi laboratorium untuk mengenal alat-alat dan
bahan kimia serta tata tertib laboratorium.
· Mendiskusikan kerja seorang ilmuwan kimia dalam melakukan
penelitian untuk memperoleh produk kimia menggunakan metode ilmiah meliputi:
penemuan masalah, perumusan masalah, kajian pustka, menentukan variabel,
membuat hipotesis, melakukan percobaan dan mengolah data serta membuat laporan.
· Merancang dan melakukan percobaan terkait kerja ilmiah,
misalnya menentukan variabel yang mempengaruhi kelarutan gula dalam air.
Mengasosiasi (Associating)
· Menyimpulkan hasil pengamatan dan diskusi tentang hakikat
ilmu kimia, metode ilmiah dan keselamatan kerja di laboratorium serta peran
kimia dalam kehidupan.
Mengkomunikasikan (Communicating)
Mempresentasikan
hasil pengamatan dan diskusi tentang hakikat ilmu kimia, metode ilmiah dan
keselamatan kerja di laboratorium serta peran kimia dalam kehidupan dengan tata
bahasa yang benar.
Kegiatan Penutup
- Siswa membuat kesimpulan hasil pembahasan
tentang hakikat ilmu kimia, metode ilmiah dan keselamatan kerja
- Tugas
Di Rumah
Browsing
di internet lalu buatlah slide mengenai bahan dan alat di laboratorium
kimia, metode ilmiah dan keselamatan kerja! Lama pengumpulan tugas selama
2 minggu.
E. Media Pembelajaran
1. Laptop Komputer, LCD proyektor
2. Tabel Periodik Unsur
F. Sumber Belajar
1. Buku Penuntun Belajar Kimia
Michael Purba Jilid 1 penerbit Erlangga
2. Internet
3. Buku –buku yang relevan
G. Penilaian:
I. Essay
1
Tuliskan pengertian ilmu kimia!
2 Sebutkan contoh
beberapa proses kimia dalam kehidupan sehari-hari!
3
Jelaskan manfaat ilmu kimia!
4.
Tuliskan hubungan ilmu kimia dengan ilmu lainnya!
5. Tuliskan 5 alat
laboratorium dan cara penggunaannya!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar